Minggu, 21 November 2010

Minum kopi yuk........di Pontianak

Ketika aku membaca halaman depan koran Kompas tgl 20 November 2010, mataku tertumbuk kepada judul "Warung Kopi Pontianak, Etalase Sosial Kalbar". Langsung aja aku tertarik membacanya karena mataku emang jadi "ijo" kalau liat artikel ataupau bacaan mengenai kopi. Artikel tersebut menceritakan bahwa kebiasaan minum kopi di warung se-olah2 sudah menjadi gaya hidup masyarakat di Pontianak, walaupun katanya kebiaasaan minum kopi di daerah itu mulai marak awal tahun 2000-an. Diceritakan juga disitu bahwa begitu terbiasanya masyarakat disana dengan kebiasaan minum kopi diwarung, sehingga banyak hal2 penting dimulai ataupun dapat diselesaikan di warung kopi, semisal keputusan-keputusan bisnis ataupun perbincangan politik.
Aku juga tertarik pada kebiasaan dan cara menyediakan minuman kopi disana, disebutkan bahwa masyarakat disana terbiasa minum kopi yang disaring ampasnya baik kopi hitam maupun kopi susu atau kopi krim. Nah, aku berpikir dari manakah asalnya kebiasaan mereka menyukai kopi saring, karena, walaupun hal itu hanyalah soal selera namun orang Indonenesia secara tradisional menyukai dan terbiasa minum kopi tubruk --yang biasanya tidak disaring ampasnya--, tentu saja maksudku bukan minum kopi ala kafe modern
Dalam beberapa kali kesempatanku mengunjungi beberapa kota atau daerah aku selalu berusaha menikmati kopi di warung kopi didaerah tersebut --beberapa kota di Sumatra dan Jawa--, dan yang kujumpai selalu kopi tubruk tradional (tidak disaring), sama seperti cara menyeduh kopi di daerah tempat aku bermukim. Aku juga beberapa kali membaca artikel mengenai kopi dan antara lain disebutkan bahwa kopi tubruk adalah khas Indonesia, berdasarkan pengalamanku minum kopi di beberapa daerah tersebut diatas aku sangat setuju dengan pendapat tersebut. Oleh karena itu membaca bahwa di Pontianak sana kebiasaan minum kopi --yang katanya sudah membudaya-- adalah dengan disaring, langsung aja aku kepingin mengunjungi kota itu untuk menikmati kopi di warung-warung kopi yang konon bertebaran di-mana2 dan dikatakan sudah merupakan "etalase sosial" Kalimantan Barat. Aku berharap sekali mudah2an sebelum pensiun sempat diberi tugas ke Pontianak.

Tips :
Kalau anda minum kopi dengan maksud agar lebih lama terjaga,
maka sebaiknya minumlah kopi sebelum kantuk datang, kurang lebih
ketika mulai merasa agak jenuhatau mulai pecah konsentrasi anda pada
tugas yang dihadapi. Kalau minum kopi pada saat mata sudah berat
maka efek yang anda inginkan kurang memuaskan.
Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar