Kamis, 11 November 2010

Tentang espresso dingin

Seorang teman ku di salah satu blog perkopian --halo mas Arief-- menulis dalam salah satu postingannya mengenai pengalamannya minum espresso dingin, maka akupun teringat pengalamanku sendiri minum espresso yang "tidak panas".
Aku cuma pernah minum espresso beberapa kali saja, ya kalau menurut aku sih rasanya "bolehlah", satu-dua ada yang ok, cuma aku berpendapat pasti itu karena kualitas biji kopinya yang memang ok punya, yang jelas aku minumnya selalu nyruput-nyruput selagi masih panas. Nah, sebulan yang lalu disalah satu restoran korea di salah satu mall di Jakarta --nggak etis kan kalau disebutkan--aku berkesempatan lagi minum espresso. Aku nggak tahu kenapa tapi mereka menyajikan espresso nya sudah dalam keadaan tidak ngepul, cuma hangat saja, buihnya pun sudah hilang. Rasanya.....kok nggak enak ya, mengarah ke yang orang Jawa bilang "jeleh". Aku mikir gimana nerusin minumnya, jadi aku minta gula cair dan batu es dan disatukan, berharap jadi kopi es gitu. Eeeeh lha kok rasanya tetep aja kurang enak, lebih enak kopi es biasa. Kata adikku sih salahku sendiri, seharusnya kalo mau minum espresso enak ya di cafe-cafe khusus kopi dong --halo nek, kapan kita pergi lagi ke cafe kopi betulan--
Meskipun dari pengalamanku itu aku berpendapat bahwa espresso sebaiknya dinikmati sebagai minuman panas yang masih berbuih, tetapi karena pengalaman tidak enak itu baru aku alami sekali, dalam hati aku tetap penasaran kenapa espresso kok nggak enak kalo udah nggak panas. Jangan-jangan buihnya itu yang bikin enak ya, soale aku kalau bikin kopi es sendiri dirumah, lebih sedap rasanya yan dikocok sampai berbuih. Kalau ada yang mau berbagi pengalaman tentang minum espresso dingin, aku akan senang.

Tips :
Kopi es enak banget
Rebus air + gula + kayu manis sampai mendidih, lalu pakai untuk
menyeduh kopi (kental), saring dan biarkan agak dingin kemudian kocok
bersama beberapa potong batu es sampai berbuih (pakai blender).
Tuangkan dalam gelas dan beri sedikit batu es lagi, hidangkan.
Wah enak gila....., coba deh.
Wassalam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar