Minggu, 27 Februari 2011

White Coffee, kopi putih yang tidak putih.

Akhir-akhir ini kita sering mendengar mengenai "White Coffee" atau kopi putih, bahkan belakangan ini kita juga telah melihat iklannya di media cetak dan televisi. Tahun lalu pun di Jakarta mulai dibuka gerai kopi waralaba yang menyuguhkan kopi putih. Sebenarnya apakah yang disebut kopi putih atau white coffee itu, berikut ini adalah beberapa determinasi mengenai kopi putih.

1. White coffee dibuat dari biji kopi yang digongseng (roasted) tidak sampai matang, sehingga akan menghasilkan biji kopi yang berwarna lebih terang dan aroma berbeda daripada biji kopi umumnya yang digongseng sampai matang yang biasanya akan menghasilkan biji kopi berwarna coklat gelap dan aroma khas kopi. Biji kopi putih ini juga lebih keras dari biji kopi yang digongseng matang sehingga membutuhkan grinder khusus untuk menggilingnya, dan karena berasal dari biji kopi yang digongseng tidak sampai matang maka kopi putih diduga mengandung kafein lebih tinggi daripada kopi biasa.

2. Di negara2 barat seperti Amerika, Inggris, dan Australia, yang dimaksudkan dengan White Coffee seringkali merujuk kepada kopi hitam atau espresso yang ditambah susu atau krimer (creamer/whitener). Bedanya dengan "cafe au lait" yang merupakan kopi dengan susu juga adalah, white coffee menggunakan susu dengan suhu kamar sedangkan cafe au lait menggunakan susu panas.

3.Di Amerika, white coffee juga bisa merujuk pada biji kopi yang digongseng (hanya) sampai kuning, dan ketika dibuat espresso menghasilkan minuman kopi encer berwarna kuning namun dengan keasaman tinggi. Jenis biji kopi ini umumnya hanya untuk membuat espresso, tidak untuk kopi seduh biasa. Karena digongseng dalam waktu yang lebih singkat, maka gula alami dalam biji tersebut tidak sampai terkaramelisasi (anda yang sering membuat sendiri gula karamel akan mengerti maksud "tidak terkaramelisasi") dan tidak meninggalkan rasa pahit, rasa dan aromanya dikatakan seperti kacang.

4. White coffee juga dapat merujuk kepada Ipoh white coffee, minuman kopi populer yang berasal dari Ipoh, Perak, Malaysia. Kopi putih ini berasal dari biji kopi yang digongseng dengan margarin, sehingga memberikan warna lebih terang dibandingkan dengan kopi hitam tradisional Malaysia (Kopi-O), yang digongseng selain dengan margarin juga gula dan gandum.Ipoh white coffee disajikan dengan susu kental, saat ini juga banyak tersedia dalam bentuk instan.Sebenarnya istilah "kopi putih" berasal dari bahasa Cina, yang diperkenalkan pada abad ke 19 oleh imigran Cina yang datang untuk bekerja di tambang timah lokal di Ipoh, yang artinya tidak ada hubungannya dengan warna tetapi lebih merujuk kepada bagaimana cara biji kopi digongseng. Di Cina, kata "putih" juga berarti "tanpa", atau "murni". Maksudnya tidak ada suatu apapun yang ditambahkan selama proses penggongsengan biji kopi. Ipoh White Coffee telah diadopsi sebagai salah satu minuman resmi di Paviliun Malaysia pada World Expo 2010 di Shanghai, Cina.

5. Ada juga jenis minuman lain didunia yang menggunakan istilah white coffee. Di Yaman yang disebut white  coffee adalah sejenis minuman yang berasal dari kulit biji kopi yang diseduh dengan menambahakan beberapa macam rempah rempah. Kemudian di Lebanon dan Siria, yang disebut white coffee malah sama sekali bukan kopi, melainkan sejenis "teh herbal" yang dibuat dari air kuntum bunga jeruk, bersifat menenangkan syaraf, biasanya dihidangkan setelah selesai makan hidangan dengan menu berat. Di Lebanon diberikan pada bayi yang rewel, juga digunakan sebagai parfum pada air mandi ataupun langsung pada kulit.

Sekarang kita tahu ada bermacam-macam pengertian untuk "white coffee", Meskipun demikian white coffee yang saat ini mulai populer dan mulai digemari di Indonesia bahkan telah ada gerai franchise nya jelas merujuk kepada white coffee yang berasal dari negeri jiran, Malaysia. Hanya saja kira-kira 2 tahun yang lalu di Malaysia terjadi boikot terhadap white coffee yang sangat terkenal mereknya. Anda dapat mencari tahu lebih jelas mengenai boikot ini, didunia maya atau langsung kepada kenalan anda dinegara jiran tersebut, saya sendiri terkejut dengan tuduhan pada boikot tersebut


Berbagai sumber a.l : http//coffeefaq.com/site/node/53
                                 http//wikipedia.org/wiki/White_coffee
                                 http//www.ehow.com/about_5081900_white-coffee-beau.html
                                 http//teabeancoffee.com/what_is.php


Wassalam

19 komentar:

  1. tambah lagi nih ilmuku tentang kopi.. makasih infonya, ibu pernah nyoba kopi putih ? apakah rasa enaknya seperti kopi hitam ? jadi penasaran..

    BalasHapus
  2. Supaya nggak penasaran, ya dicoba aja Triz. Saya sendiri baru mencoba yang sachet, karena di kota tempat tinggal saya belum ada gerai waralabanya.

    BalasHapus
  3. assalam mbak....status halal OTWC KOPITIAM atau premisnya masih tidak diketahui....tapi ada dijual produknya(minuman tin) di Malaysia dan saya rasa yg produknya(minuman tin) dapat Halal certificate....masalah halal di OTWC terjadi kerana mereka menyediakan mee diimport dari hong kong yang tiada status halal di kopitiam....(ini berdasarkan cerita dari kawan saya....saya x pernah ke OTWC)
    ini link nya untuk status halal....
    http://www.halal.gov.my/v2/index.php?ty=directory&type=P&cari=old%20town%20white%20coffee

    BalasHapus
  4. Setelah membaca posting ini, tampaknya jenis kopi putih ada banyak versi. Sejauh yang saya tahu waktu pergi ke kota Nanning di Cina, disana ada kedai yang menyajikan white coffee. Menurut barista nya kopi tersebut berasal dari Malaysia. Saya belum mencicipi cuma tanya. Dan kalau lihat biji kopinya memang masih kehijauan seperti setengan matang waktu menggorennya.

    Kalau Kopi O itu bisa kita dapat di kedai Aunty Li Kopitiam di BSD City (Teraskota). Kopi ini malah sama seperti kopi lainnya.

    BalasHapus
  5. Iya Zul, white coffee yang lagi "in" di Jkt emang juga yang dari Malaysia. Kalo nggak salah bulan lalu salah satu waralabanya ada yang baru grand opening gerainya.

    BalasHapus
  6. Ass. Mba Endang...atas informasi plagiat..en ilmu tentang White coffee.....dimana saya bisa mencicipi...yumii...

    BalasHapus
  7. Mas Tris, saya sangat menghargai anda mau mengunjungi blog /postingan saya ini, berarti anda menghargai kebenaran. White coffee yg berupa serbuk instan telah ada di swalayan2 besar, yg dr M'sia ada merk Ipoh WC, Old Town WC dn Penang WC, yg made in Indonesia merknya Luwak White Coffie (emg ditulisnya Coffie). Yg M'sia kemasan sachetnya 40 gr dan yg Indonesia punya 20 gr, jd kalo mau bandingkan rasa airnya jangan sama banyak. Setelah mencoba keempatnya, untuk saya pribadi Old Town yg rasanya paling "ya bolehlah". Baru2 ini Old Town WC telah membuka gerainya di Jkt, jd bisa minum yg fress, tp saya sndr belum kesana. Sekian tambahan penjelasan saya, terima kasih.

    BalasHapus
  8. walaaaaaah, ketinggalan jaman saya. baru ngeh sekarang kalo white coffee itu bukan kopi yang warnanya putih. pantesan kemarin minum white coffee yang instan, kok warnanya tetep coklat kaya kopi vanilla latte yang biasa saya minum :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo jeng (mudah2an betul) Millati Indah, saya senang anda mampir, kalo white coffee beneran asal muasalnya memang spt yg saya ceritakan dipostingan ini, ttp white coffee yg banyak dijual sasetan sekarang memang alias dari kopi + krimer........

      Hapus
  9. Dapatkan Kaisar White Coffee dalam http://kaisarvenus2u.com/portfolio-view/kaisar-white-coffeemix/ Jadi pengedar boleh daftar di http://bo.kaisarvenus2u.com/jamalym

    BalasHapus
  10. berarti bu, white coffe itu lebih tinggi kafeinnya dibanding black coffe (yah bisa dikatakan kopi aslinya) ?? dan mengapa di iklan dikatakan aman ?? :D
    *maaf jd banyak bertanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak Putri,
      Saya senang anda mengjungi blog saya ini. Mengenai iklan white coffee yg mengatakan kadar kafein rendah, saya menduga hal itu adalah karena white coffee sasetan yg mengklankan diri tsb (coba anda baca kandungannya / ingredient) barangkali hanya merupakan kopi dengan krimer........

      Hapus
  11. izin mengutip artikelnya buat di post di blog saya http://good-kopi.blogspot.com/2013/03/white-coffee.html
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sdr GD,
      Kalau anda mengikuti etika kutip mengutip, yaitu mencantumkan sumber kutipan, tentu tidak masalah mengutip artikel postinga saya ini (anda mencantumkannya ?)
      Salam

      Hapus
  12. Apa white coffie mengadakan program hadiah utama thn ini?..
    Soalnya sya baru baru ni tlh menemukan seberkas kupon yg ber isikan data lengkap perizinan penyelenggaraan hadiah berupa mobil suzuki ertiga.
    Sya tunggu responnya dri luak white coffie.
    Trim's.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sdr AM,
      Silahkan anda hubungi prodsen white coffee tsb, coba teliti biasanya produk produk yang baik mencantumkan no telpon yg dpt dihubungi konsumen.

      Hapus
  13. Dlm undian itu smwa identitasnya komplit ada nomer hp ada produk adasurat perizinan dari kapolda semarang ada nama perusahaan ada nama manager perusahaansbgai pihak penanggung jawab,...
    Sya masih bingung ni bagai mana untuk prosesing nya.... Mohon beri petunjuk...

    BalasHapus
  14. Jadi pada intinya sebenarnya ga ada kopi yg warnanya putih ya, kopi white coffe adalah hasil modifikasi

    BalasHapus
  15. Wah, baru tahu aku bahwa white coffee luwak itu tidak aman untuk penyakit Lambung. Pada setiap arisan, tuan rumah bila menyuguhkan kopi ini selalu berkata jangan takut pada sakit lambungmu sebab minuman ini aman bagi lambung, padahal................juga dpt meninggikan asam lambung.Terima kasih atas informasinya.

    BalasHapus