Jumat, 03 Juni 2011

Anda ingin menulis ? Mulailah (bagian III)

Bagian ini dimaksudkan untuk ikut memberikan jalan bagi beberapa atau bahkan banyak orang yang merasa begitu sulit nya menemukan waktu untuk menulis postingan bagi blognya. Sedemikian saktinya kah "waktu", sehingga berhasil menguasai semua aktifias kita ? sehingga bisa melancarkan aktifias kita yang satu tetapi berhasil menggagalkan aktifitas kita yang lain ? Percayalah, itu cuma perasaan anda saja, kita semua bisa --sangat bisa-- menyisihkan waktu untuk hal-hal kecil menyenangkan, seperti menulis untuk blog kita. Saya sengaja menyebutkan "hal kecil menyenangkan", supaya kita semua merasa "bisa" melakukannya. Saya akan kembali menggunakan istilah "anda" untuk menjelaskan hal-hal berikut ini supaya lebih mudah dirasakan realisasinya.
Misalkan anda seorang ibu rumah tangga yang super sibuk karena tidak punya pembantu rumah tangga, kapan anda punya waktu menulis postingan. Mudah, apa poin dalam blog anda, misalkan "belanja". Nah, begitu anda pulang dari belanja baik belanja dapur ataupu belanja di mal, segera tuliskan satu alinea saja hal pokok yang paling menarik dari kegiatan belanja anda tersebut pada catatan anda, lima menit sudah selesai bukan. Malam harinya sambil nonton tv, tambahkan satu alinea lagi sebagai pembahasan anda atau pendapat anda atas kejadian menarik pada acara belanja tadi siang, tidak perlu lama-lama cukup lima menit juga. Nah esok harinya, atau esoknya lagi, atau esoknya lagi, ketika anda merasa ada waktu sedikit silahkan buka laptop / komputer anda dan tuliskan catatan harian anda tadi dengan menambahkan satu alinea pembukaan, nah anda sudah punya tiga alinea untuk topik tersebut, kalau merasa masih punya waktu anda bisa memperhalus kalimat dari catatan anda namun kalau tidak juga tidak apa-apa. Nah ternyata dalam waktu tiga atau empat hari anda bisa menerbitkan satu postingan, padahal anda seorang ibu rumah tangga yang super sibuk.
Atau anda seorang karyawan kantor yang hampir selalu tenggelam dalam kesibukan kantor yang seakan tidak ada habisnya, sehingga sampai di rumah keinginan anda satu-satunya hanyalah istirahat dan istirahat seakan tidak cukup waktu untuk istirahat. Bagaimana mungkin meluangkan waktu buat nge-blog. Wah, mungkin sekali, mengapa tidak. Jaman sekarang pastinya anda bekerja didepan komputer bukan, paling tidak sepertiga dari kesibukan anda dikantor adalah didepan komputer. Anda tentunya tidak setiap hari diburu oleh limit waktu dari tugas anda, nah pada saat itu luangkan waktu sepuluh menit saja untuk menuliskan satu alinea draft postingan anda, tulis saja dulu top interest anda dari tema blog anda. Kalau anda besoknya punya sepuluh menit lagi tambah satu alinea lagi, ada waktu lagi tambah satu alinea lagi, kalau sempat menyempurnakan kata-kata yang sudah anda susun baik sekali tetapi kalau tidak sempat jangan memaksakan diri. Yang penting adalah postingan anda dengan jelas terasa ada "poin" nya, segeralah terbitkan. Dengan cara ini sesibuk apapun anda bisa mempostingkan tulisan bagi blog anda setidaknya seminggu sekali.
Mari kita pikirkan baik-baik, apa betul kita tidak punya waktu untuk menulis di blog. Diatas saya hanya memberikan contoh dua cara bagi dua macam posisi yang anda mungkin sebagai salah satunya, yang sebenarnya ada banyak cara lain untuk "mencuri waktu" agar blog kita tetap eksis. Kita semua pasti pernah mendengar ungkapan seperti ini "Orang yang sibuk selalu punya waktu", kata-kata bijak tersebut benar sekali adanya. Sekianlah tulisan saya ini, mudah-mudahan kita semua tetap eksis di dunia per-blog-an, ya meskipun hanya sebatas blogger amatiran saja. Nah saya ucapkan "selamat eksis sebagai blogger".


Wassalam

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar