Selasa, 24 Mei 2011

Anda ingin menulis ? Mulailah (bagian II)

Sekarang saya akan membahas mengenai pemakaian bahasa yang akan anda gunakan dalam menulis di blog. Oh iya saya akan mulai dengan terlebih dulu mengganti kata "anda" menjadi "kita", supaya anda jangan merasa diajari, karena saya sama sekali bukan pakar menulis atau nge-blog, saya hanya bermaksud membuka jalan bagi anda yang ingin menulis di blog.
Hal utama yang harus diperhatikan adalah orang mengerti dengan gaya berbahasa tulisan kita, sekalipun jika  blog kita itu hanya dimaksudkan sebagai semacam buku harian pribadi saja. Sesungguhnya untuk sebuah blog pribadi tidak ada pakem yang harus diikuti, lagipula jangan sampai karena kita takut salah dalam tata bahasa, lalu tidak kunjung menulis atau malah tidak jadi nge-blog. Semua kita kan pernah belajar bahasa Indonesia di sekolah, jadi saya percaya tidak ada orang Indonesia yang pernah sekolah lalu tidak bisa berbahasa Indonesia yang "baik", maksud saya adalah bahasa Indonesia yang bisa dimengerti orang dengan baik. Tentu saja tidak dilarang kalau mau nge-blog dengan bahasa daerah, bahkan dengan bahasa Inggeris sekalipun atau bahasa-bahasa asing lainnya.
Kita kembali kepada pemakaian bahasa Indonesia. Kita tidak usah terlalu kuatir orang akan bingung dengan bahasa Indonesia yang kita gunakan, buat saja dahulu postingan pertama itu, segera. Nanti setelah postingan pertama terbit dan kita baca sendiri, kita akan merasakan jika ada kekurangan, nah perbaikilah pada postingan berikutnya. Sekali lagi, yang penting terbitkan dahulu postingan pertama, karena itu akan memotivasi kita untuk segera menulis postingan berikutnya. Nah, pada postingan berikutnya kalau kita masih merasa ada kekurangan, ya perbaiki lagi. Caranya, sering-seringlah membaca apa saja dan bandingkan dengan tata bahasa kita, tetapi kalau kita termasuk orang yang malas membaca minta saja teman atau kerabat kita membaca blog kita dan dengarkan pendapatnya. Tetapi kalau kita sudah merasa sreg dengan gaya bahasa yang kita gunakan, lanjutkan saja, pokoknya jangan jadi beban bagi kita untuk menulis postingan berikutnya.
Postingan pertama lazimnya berisi semacam pendahuluan, layaknya kata pengantar pada sebuah buku. Kalau kita belum begitu lancar menulis (eh, maksud saya membuat tulisan), untuk postingan pertama sebagai suatu pendahuluan, cukuplah dengan tiga alinea kita sudah bisa menerbitkannya. Alinea pertama biasanya berisi profil diri kita, boleh secara detil ataupu secukupnya saja, untuk blog pribadi kalau mau kita bisa menceritakannya dengan bumbu misteri atau kelucuan ataupun kegembiraan. Alinea kedua dapat anda isi dengan latar belakang mengapa anda memilih topik tertentu untuk blog anda, dengan menghubungkannya dengan "point of interest" anda. Disini kita juga bisa menuliskan kira-kira topik apa saja yang akan kita tulis pada blok ini nantinya.  Alinea ketiga berisi penutupan yang jangan lupa diakhiri dengan pesan bahwa topik-topik menarik segera menyusul pada postingan kedua dan seterusnya, ini untuk lebih menyemangati kita menulis postingan berikutnya. Patut diingat bahwa saran saya tersebut tidaklah baku untuk sebuah blog pribadi, kalau kita suka boleh-boleh saja menulis postingan pertama yang langsung "menggigit".
Lihatlah, postingan pertama anda tahu-tahu sudah jadi, betul-betul karya anda sendiri, ternyata menulis tidak sulit bukan. Nah, sekian dulu, nanti dalam pembahasan selanjutnya akan saya uraikan ha-hal lainnya yang penting untuk kelancaran anda membuat postingan. Selamat nge-blog.


Wassalam

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar