Senin, 23 Mei 2011

Anda ingin menulis ? Mulailah (bagian I)

Apakah anda baru saja memiliki blog sendiri atau baru bermaksud ingin membuat blog dan bingung akan menulis apa didalam blog tersebut ? Maka mulailah, tidak susah kok. Maksud saya tidak begitu susah asalkan anda memiliki kemauan kuat. Tulisan ini dimaksudkan bagi siapa saja yang ingin menulis di blog, namun merasa bimbang dan kurang percaya diri, atau merasa tidak memiliki kompetensi untuk menulis, atau bahkan merasa tidak punya waktu, sehingga merasa begitu susah untuk memulai menulis.Hal tersebut sering menimpa para pemula yang baru akan mulai menulis, namun terkadang juga dirasakan para pemilik blog yang bingung mencari variasi topik tulisan untuk postingannya.
Mulailah dengan "point of interest" anda. Maksud saya apa sebenarnya minat kita, atau hal apa yang menarik minat kita, pokoknya kita sebaiknya memulai dengan sesuatu yang menjadi ketertarikan anda. Saya contohkan disini, misalnya anda gemar berbelanja/shopping, nah pikirkanlah kejadian kejadian awal yang anda duga merupakan awal dari kegemaran anda belanja, misalnya dahulu anda selalu diajak orang tua untuk belanja bulanan  keperluan rumah tangga --atau banyak misal-misal lainnya--. Segeralah buka laptop/komputer dan buat sebuah blog, membuat blog dengan mempelajari sendiri atau minta petunjuk orang lain sama mudahnya. Kemudian tuliskan pengalaman tersebut dan terbitkan (publish), maka jadilah postingan pertama anda. Bagaimana dengan postingan kedua,ketiga dan seterusnya ? Jangan kuatir, kalau anda sudah berhasil mem-post-kan tulisan pertama anda, dengan sendirinya anda akan bergairah dan teringat banyak hal atau kisah lucu atau menarik bahkan yang menyebalkan untuk anda ceritakan. Misalnya --lagi-lagi misalnya-- cerita mengenai bagaimana anda merasa kesal karena diberi uang kembalian belanja berupa permen padahal anda sama sekali tidak suka permen, atau kisah mengenai pertama kali ketika tanpa sengaja anda membeli tas bermerek di butik tas yang memberikan potongan harga karena ada barang baru (new arrival) lalu sejak saat itu anda menjadi pemburu barang-barang bermerek yang lagi "sale". Lihat, ternyata banyak yang dapat anda tulis untuk mengisi blog anda.
Agar anda merasa lebih jelas lagi saya berikan "misal" yang lain lagi. Misalnya point of interest anda adalah "nonton televisi", apakah hal pertama yang anda ingat jika nonton tv ? Apakah chanel tv ? Nah ceritakan tentang berapa jumlah chanel yang dapat ditangkap tv didaerah anda tinggal, chanel apa saja yang sangat bersih gambarnya, chanel apa yang paling anda sukai. Pada postingan berikutnya anda juga bisa bercerita mengenai siaran-siaran favorit anda, siaran-siaran yang mengecewakan anda. Anda bisa juga membahas gaya para penyiar berita, para host suatu program, para pembawa acara infotainment, atau silahkan anda ceritakan acara-acara yang menjadi kegemaran keluarga anda, dan lain-lainnya lagi. Alangkah banyaknya topik bahasan yang dapat anda tuliskan seputar "nonton televisi".
Mengenai judul blog, itu benar-benar terserah anda. Banyak orang menyukai judul blog yang dramatis, ada juga yang menyukai judul yang puitis, atau yang simpel dan lugas, atau yang penuh gaya, dan lain-lainnya gaya pemberian judul blog. Untuk saya sendiri, saya suka yang simpel tetapi mencerminkan isi blog saya. Saya seorang penikmat kopi, saya ingin menulis kisah-kisah seputar minum kopi, maka saya namai blog saya ini dengan "Coffeetaria". Itu satu contoh saja, anda silahkan memilih nama untuk blog anda sesuai selera anda. Saran saya, pikirkan suatu nama yang menarik namun tetap menunjang isi blog anda. Contoh, anda bisa memberi nama untuk blog "belanja" anda dengan "The Shopping Mom" atau "Belanja itu indah" atau "Nikmatnya belanja", sementara untuk blog "nonton televisi" anda bisa mencoba nama-nama seperti "Nonton TV Yuk" atau "Televisi Ku" ataupun "Ada apa di TV". Nah, berkreatifitaslah, silahkan namai blog anda dengan menarik dan tepat.
Kalau anda menjadi heran mengapa blog "Coffeetaria" kali ini tidak menulis tentang dunia perkopian, saya jelaskan bahwa ini adalah selingan. akan tetapi bukan sembarang selingan, karena saya berharap tulisan ini dapat membantu banyak orang yang ingin menulis sendiri untuk blognya. Untuk kali ini sampai disini dulu, pada postingan berikutnya akan saya lanjutkan dengan topik bahasan lainnya mengenai kegiatan tulis menulis pada blog. Selamat mulai menulis.


Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar