Sabtu, 14 Mei 2011

Bersantai di Javva Coffee

Dua minggu yang lalu saya dinas ke Jakarta. Seperti biasanya setelah selesai menjalankan urusan kedinasan, saya selalu menyempatkan diri ber "kopi ria", begitulah saya mengistilahkan kegiatan saya seputar cicip mencicip dan menikmati kopi, dimana biasanya saya lakukan dengan mengunjungi kafe-kafe tertentu untuk menikmati kopi. Semula saya bermaksud mengunjungi GokTong Coffee, karena tertarik nyobain espresso yang dihasilkan "presso" yang merupakan mesin pembuat espresso manual / tanpa listrik itu. Namun apa yang terjadi, setelah jauh-jauh naik busway --bertiga dengan adikku dan anak gadisku yang kuliah di ibukota--dari Kali Deres ke Sudirman, lalu mencari stasiun kereta api Sudirman dan food court nya, ternyata cafe tersebut belum lama ini pindah alamat, alamaaakk.....padahal udah hampir dua jam perjalanannya.
Sehabis sholat dhuhur di area stasiun tersebut langsung saya berpikir kafe ekslusif mana lagi yang akan dikunjungi, yang kalau bisa tidak jauh dari jalan Sudirman, tentu saja maksud saya eksklusif adalah kafe yang merupakan coffee shop. Entah kenapa karena sering membaca blog Cikopi nya Toni Wahid tiba-tiba saya teringat kafe Javva yaitu salah satu tempat yang diperkenalkan beliau dalam blognya sebagai coffee house yang belum lama dibuka. Kita browsing dulu --tentu saja pake hape-- untuk melihat alamatnya, ternyata ada di jalan Senopati no 71-73, dan untuk ukuran kota seluas Jakarta itu berarti memang tidak jauh dari jalan Sudirman.
Rupanya alamat jalan Senopati no 71-73 itu adalah gedung Kedaung Store, nah kafe Javva tersebut letaknya didalam gedung itu, kita harus jeli mengamati alamat kafe ini karena dari luar gedung tidak segera terlihat atau ketahuan bahwa ada kafe didalam gedung tersebut, untung anakku cukup jeli melihatnya. Kami masuk kedalam gedung tersebut dimana didalamnya memang merupakan toko dan ruang pamer dari pecah belah bermerek Kedaung, dan di sudut kanan terlihatlah tempat yang kami tuju sesungguhnya, kafe Javva.


Tempatnya tidak besar tapi mengesankan suasana santai, keakraban dan nyaman untuk melepaskan lelah, sehingga sangat cocok untuk bersantai dengan pacar, teman ataupun sanak famili. Coffeehouse mungil ini dimiliki oleh Adi W Tarupratjeka (salah seorang konsultan perkopian yang cukup terkenal). Seperti yang dijelaskan dalam promosinya, kafe ini memang tidak menyediakan espresso, kopi hitamnya diseduh  hanya dengan dua cara pourover dan syphon. Saya mencoba kopi hitam dan saya memilih "Papua syphon", sementara adik saya memilih "Orange coffee" dan anak saya memesan "Ice lemongrass coffee" yang katanya merupakan ke-khas-an kafe Javva ini, sebagai makanan pendamping saya mencoba arem arem telor asin, adik saya memilih tahu isi dan anak saya cukup dengan french fries.



Kopi di kafe ini tidak diseduh di dapurnya melainkan di barnya, cukup menarik juga melihat mbak baristanya menyeduh dengan syphon di depan mata kita. Kopi Papua ini  cukup enak, mungkin lain kali saya harus mencoba dengan metoda pourover, karena menurut saya yang terbiasa dengan kopi tubruk maka kopi dengan syphon sepertinya sama hasilnya dengan coffeemaker milik saya dirumah yaitu kopi terasa light, dan tidak meninggalkan rasa pahit dilidah. Ada lagi yang juga menarik bagi saya, pada saat-saat tertentu kafe Javva juga menyediakan kopi dari coffee house terkenal lainnya, kelihatannya ada suatu kerja sama. Pada waktu saya berkunjung kesana yang sedang terpajang adalah kopi Flores Bajawa dari Maharaja Coffee. Oh iya, kafe ini juga menyediakan peralatan seduh kopi untuk dijual, saya dan adik saya membeli french press, memang bukan merek Bodum seperti yang sedang saya cari tetapi kata adik saya "beli dulu yang ini, lain kali kita cari yang merek Bodum", jadi kami beli french press tersebut. Nah, kalau anda sedang berkeliling disekitar blok M entah shopping atau untuk keperluan lain, silahkan melepaskan lelah di kafe ini, sambil bersantai anda dapat merasakan keunikan rasa Ice lemongrass coffee ataupun kelezatan arem arem telor asin. 


                                                       Selamat menikmati                          



Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar