Senin, 27 Desember 2010

Di dalam secangkir kopi

Pernahkah kita memikirkan apa yang terkandung dalam secangkir kopi ? Mari kita memikirkannya bersama.
Pertama-tama tentunya ada sekitar 7 - 9 gram bubuk kopi ditambah kira2 10 - 12 gram gula yang terlarut dalam kurang lebih 150 ml air bersuhu antara 90 - 100 C, itu semua bernilai Rp.3.000 - Rp.9.000 untuk kelas warung kopi rakyat. Untuk soal harga ini kopi di cafe2 kelas menengah, kelas atas atau bahkan cafe super mewah,  secangkir kopi hitam berkisar antara Rp.10.000 - Rp. 100.000 tergantung kualitas dan jenis kopi serta kelas cafenya. Kemudian didalam secangkir kopi tersebut terkandung 100 - 150 mg cafein, yang lazimnya dapat membangkitkan semangat peminumnya namun patut diwaspadai akibatnya bagi para penderita tekanan darah tinggi, jantung ataupun penderita maag. Apakah hanya itu yang dikandung dalam secangkir kopi ? Itu tadi baru yang mewujud, nyata, masih banyak lagi yang tidak nyata namun dapat dirasakan dengan jelas.
Bagi para penikmat kopi, ketika menikmati kopi yang enak akan timbul rasa nyaman, bila suasananya mendukung akan bertambah dengan datangnya rasa santai bahkan hilangnya atau berkurangnya stres. Bila anda seorang workaholic (pecandu kerja), dapat menambah semangat kerja, menyegarkan pikiran, menahan kantuk, bahkan membuka ide-ide yang mungkin lebih baik. Bila disuguhkan pada tamu yang suka kopi, maka tamu anda akan merasa lebih welcome, suasana jadi lebih santai dan obrolan menjadi makin asik. Bila anda hobi membaca, secangkir kopi bisa menambah jumlah halaman yang dibaca. Bahkan bila anda hobi nge-blog, ditemani secangkir kopi maka nge-blog jadi makin asik --kalau nggak percaya silahkan para blogger coba sendiri--, postingan jadi lebih mantap. Masih ada lagi ?
Jangan lupa, kalau kita lagi sedih, cobalah untuk bikin kopi lalu duduk santai dan nikmati kopi tersebut selagi panas sambil menghirup aromanya, niscaya kita akan lupa sejenak pada kesedihan dan kemudian kita rasakan bahwa kesedihan kita sudah berkurang. Bahkan kalau kita sedang bergembira sekalipun, secangkir kopi membuat kita lebih santai dan nyaman lalu kegembiraan kita lebih mendalam rasanya. Kalau kita sedang mendengarkan seseorang yang lagi curhat kepada kita, sambil minum kopi dapat membuat jernih pikiran kita sehingga kita lebih bisa bersimpati dan menghibur orang tersebut dengan kata2 yang lebih tepat.
Apakah anda akan berpilir bahwa aku terlalu mengada-ada mengungkapkan begitu banyak yang dikandung dalam secangkir kopi ? Jangan, karena kalau anda berpikir begitu maka anda akan meremehkan kopi dan tidak akan berusaha menikmati kopi. Nah, anda jadi rugi sendiri karena akan semakin tidak tahu kebenaran dari kenyataan-kenyataan yang ada dalam secangkir kopi seperti yang aku uraikan diatas. Lebih baik mulai mencoba menikmati kopi dan mulai belajar menyadari akan begitu banyaknya yang dikandung dalam secangkir kopi, baik yang terlihat maupun yang tak terlihat, baik yang dapat dihitung maupun yang hanya dapat dirasakan, baik yang ilmiah maupun yang separuh ilmiah, baik yang obyektif maupun yang subyektif. Oh kopi......

Tips :
Jika anda menggunakan cofeemaker dirumah maka aroma tambahan
yang anda inginkan, misalnya selembar daun jeruk atau sepotong
kayumanis ataupun sebutir cardamon atau rempah lainnya, dapat anda
masukkan didalam tabung pemanas airnya. Sulingan air yang
jatuh mengenai bubuk kopi akan mengandung rasa dan aroma rempah
tersebut dan membuat kopi anda terasa lebih nikmat, asalkan anda
memang menyukai aroma tersebut. Cukup sedikit saja menambahkan rempah,
karena minyak atsiri yang dihasilkan rempah tersebut jika terlalu banyak
akan menyebabkan kopi jadi terasa agak getir.
Selamat bersantai sambil menikmati kopi rempah yang sedap.

Wassalam

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar