Kamis, 16 Desember 2010

Coffee is a life style ?

Minum kopi memang bisa dimana saja dan kapan saja, tapi menikmati kopi adalah sesuatu yang lain lagi atau bisa dikatakan beda dari minum kopi biasa. Kalau kita punya kebiasaan minum kopi tiap pagi sebelum ke kantor, rutinitas tersebut sebenarnya merupakan aktifitas minum kopi. Contoh yang lain adalah kalau minuman kopi dihidangkan pada suatu acara rapat atau pertemuan, kegiatan tersebut juga bagi saya merupakan minum kopi --kecuali kalo pertemuannya dilakukan di hotel b 5 dimana kopinya biasanya mantab enaknya-- begitu pula kalau kita sedang bertamu dengan suasana kurang santai lalu siempunya rumah menghidangkan kopi ala kadarnya, itupun bagi saya minum kopi namanya. Lalu seperti apa sih yang namanya menikmati kopi ?
Kita sering mendengar ungkapan bijak mengenai kopi, Coffee is a life style atau Coffee ia a culture ataupun kata2 lain yang mengungkapkan keistimewaan kopi dalam kehidupan kita. Nah, ungkapan2 seperti itu muaranya adalah bagaimana kopi bisa menjadi begitu nikmat untuk diminum, bagaimana minum kopi bisa menjadi menikmati kopi. Banyak cara tersedia untuk menikmati kopi, ingin secara merakyat, menengah, high class atau bahkan super high class sekalipun, tersedia. Salah satu gerai kopi terkenal memang membedakan kelas2 coffeeshop nya, karena segmen pasar yang mau dibidik memang berbeda-beda. Jangan lupa, menikmati kopi juga bisa dilakukan dirumah --sangat bisa--, baik di rumah sendiri, rumah orang tua ataupun nenek kita, bahkan di rumah mertua juga bisa (ya iyalah, anaknya kan teman hidup kita). Luangkan waktu yang tepat 1 - 2 jam, seduhlah kopi dengan cara yang benar --mau pake coffeemaker atau frenchpress atau drip ataupun kopi tubruk terserah selera anda, yang penting dari biji/bubuk kopi yang berkualitas--, carilah sudut rumah atau bagian rumah yang paling disukai dan tempatkan tubuh kita dengan posisi yang nyaman, dan nikmatilah kopi anda, nikmatilah "me time" anda.
Akan halnya saya sendiri, saya memang sering mengunjungi tempat2 tertentu, beberapa diantaranya coffeeshop terkenal untuk menikmati kopi. Namun sebagai seorang penikmat kopi, berbagai macam cara juga bisa saya dapatkan untuk menikmati kopi dirumah. Selain cara yang saya sebutkan diatas, saya bahkan bisa menikmati kopi (bukan sekedar minum kopi) di antara kegiatan saya didapur, sambil nonton tv ataupun sambil nge-blog, kadang2 pake coffeemaker tapi seringnya tubruk, yang penting kopinya enak dan mantap, dan  kegiatan yang saya kerjakan saya sukai. Intinya, mari kita jadikan kegiatan minum kopi menjadi menikmati kopi. Sepert ungkapan "Coffee is a life style".


Wassalam


2 komentar:

  1. Wah.. aku jadi membayangkan bisa menikmati kopi bersama bu Endang sambil ngobrol santai.. kayaknya asyik...

    Oya menurut bu Endang minum kopi itu lebih nikmat sendirian ato rame2 ?

    BalasHapus
  2. Karena saya penikmat kopi yang udah tergolong manula,bersama teman2 ato sendiri saya ok aja. Tapi orang muda kaya Triz sepertinya lebih enak kalo ngopinya sambil santai dan ngrumpi sama 2 ato 3 orang teman. Selamat ngopi Triz

    BalasHapus