Minggu, 31 Oktober 2010

Ala India

Kita tahu ada bermacam-macam jenis minuman kopi yang bisa --ataupun biasa-- kita minum, mulai dari kopi hitam baik yang tubruk maupun instan, kopi susu, sampai cappucinno, latte, dsb. Secara naluriah aku menyukai kopi hitam, tentunya yang diseduh dengan benar, apalagi jika berasal dari biji kopi berkualitas. Minum kopi hitam sepertinya hal yang biasa saja, salah satu aktifitas "keseharian" saja, tidak terbayangkan bahwa minum kopi hitam suatu saat menjadi istimewa karena memerlukan suatu upaya tertentu.
Tahun 2005 aku berkesempatan tinggal di India selama 2 bulan, tepatnya di Coimbatore di negara bagian Tamil Nadu, India selatan, dan sempat mengunjungi beberapa kota dan negara bagian lainnya, tak lupa tentunya Delhi dan Taj Mahal di utara. Nah yang aku mau bahas disini adalah bahwa di semua tempat yang aku kunjungi di India, nyaris tidak pernah menjumpai minuman  kopi hitam, baik di tempat2 makan umum ataupun yang dihidangkan kepada kami sebagai tamu. Kalau kita memesan kopi atau teh di restoran atau memilih kopi atau teh ketika ditawari tuan rumah, pasti yang kita jumpai adalah kopi susu atau teh susu. Waktu kukatakan bahwa yang aku pesan adalah black coffee atau black tea, si pelayan kebingungan, sampai2 aku harus menemui kepala pelayannya dan dibawa ke dapur, dan disitu aku melihat bahwa didalam panci besar diatas kompor isinya sudah berupa teh susu atau kopi susu, loh ? Pantas aja pelayannya bingung bagaimana mau menghidangkan kopi atau teh "doang" seperti keinginanku. Suatu saat karena sudah terlalu ingin minum teh biasa, aku sampe perlu menjelaskan bagaimana membuatnuya --masukkan teh kering dalam poci lalu seduh dengan air mendidih, dst bla bla bla-- sehingga akhirnya mereka menghidangkan sepoci teh beserta gula tersendiri sambil mengatakan bahwa ini adalah pesanan khusus.
Aku heran, India sangat terkenal dengan teh nya terutama teh dari dataran tinggi Assam, mengapa susah mendapatkan segelas teh manis biasa. Aku berpikir apa mungkin cara minum teh dan kopi yang selalu pakai susu karena pengaruh mereka bekas jajahan Inggris ataukah memang kebiasaan mereka seperti itu,  tapi yang jelas masyarakat India aku lihat sangat terbiasa minum susu. Di kedai2 minum sederhana yang hanya pakai tenda dipinggir jalan, masyarakat kebanyakan juga aku lihat minum teh susu atau kopi susu. Susu yang mereka gunakan adalah susu segar, setiap pagi secara umum terlihat orang menenteng susu segar (terlihat dari wadahnya yang khas) membawanya ke restoran dan tempat-tempat minum.
Tips :
Teh susu atau kopi susu ala India
Rebuslah susu segar bersama teh atau kopi, didihkan perlahan-lahan
sambil  terus diaduk supaya tidak pecah (seperti masak santan).
Sesudah mendidih tambahkan gula secukupnya dan aduk lagi,
tuang kedalam gelas dengan menggunakan saringan.
Untuk mendapatkan rasa dan aroma yang lain, tambahkan kedalam rebusan
sepotonng kayu manis atau jahe yang dimemarkan atau kalau suka bisa juga
2-3 biji cardamon. Coba deh, enak lho.
Wassalam

4 komentar:

  1. Wah senang juga yah baca pengalamannya di India, aku pernah minum teh susu, tapi gak disengaja waktu itu mau nyeduh susu tapi karena terburu2 aku salah ambil termos, yg aku tuang termos berisi teh.. karena terlanjur aku minum saja, rasanya agak aneh.. tapi boleh jugalah.. kejutan rasa gitu loh.. hehe...

    BalasHapus
  2. Iya Triz, aku juga pulang dari India jadi bisa minum teh susu, padahal dari dulunya tuh aku betul2 nggak "berkenan" sama rasa susu, sampe2 kalo minum kopi susu aku suka yang dominan rasa kopinya daripada susunya. Trima kasih sudah bergabung.

    BalasHapus
  3. Could you tell me how to get your blog translated? I would love to read it. Thank you.

    BalasHapus
  4. Hello Annete,
    You can use the Googgle translate fassility easily, but usually its out put not so good.
    Which one (of my postings) did you like to read ? I will try to translate.
    Regard

    BalasHapus