Jumat, 29 Oktober 2010

Salah satu jurus "menyamankan" diri

Sebagai seorang penikmat kopi, aku sudah menganggap (tepatnya merasakan) bahwa minum kopi tidak mempengaruhi saraf tidurku lagi (yeee apaan tuh saraf tidur ?). Sebab sering kali aku minum kopi hanya beberapa saat menjelang tidur, dan aku tertidur aja secara normal, artinya tidurku nggak lalu jadi gelisah. atau tiap sebentar bangun, ataupun gangguan lainnya.
Dari sejak jaman masih kuliah dulu --aku mulai leluasa minum kopi ya sesudah kuliah karena nggak tinggal dengan orang tua, yang melarang anak2nya minum kopi-- kalau mau belajar sampai larut malam aku bikin kopi dulu. Sesudah berkeluarga, waktu anak-anakku masih kecil dan mereka sakit -anak balita dimana-mana kan rawan sakit- maka bisa dipastikan aku akan minum kopi malamnya supaya nggak tertidur waktu nungguin mereka, kalau terasa ngantuk aku duduk disamping tempat tidur dan merebahkan kepala, pokoknya jangan sampai pules deh. Aku juga gemar membaca, jadi sering malam-malam minum kopi supaya tahan membaca sampai 2-3 jam.
Semua kebiasaan-kebiasaan tersebut lambat laun membuat saraf tidurku (emangnya nggak ada istilah lain apa ya ?) kebal, tetapi bukan berarti aku nggak minum kopi lagi kalau mau nahan ngantuk, bukan begitu. Aku tetep aja minum kopi kalau mau tidur terlambat (misalnya mau nonton acara TV diatas 12 malam) karena minum kopi --yang enak tentunya-- sudah menjadi salah satu jurus untuk menyenangkan atau "menyamankan" diri, sehingga otomatis mendukung kemauanku untuk tidur lambat. Karena sudah menjadi salah satu jurus untuk menyenangkan diri, maka kalau lagi "mood" minum kopi, akupun bersedia jam 12 malam sengaja masak air untuk bikin kopi, sehabis srupat-sruput kurang lebih setengah jam kalau nggak ada lagi yang akan aku kerjakan ya tidur aja dengan perasaan nyaman karena habis minum kopi.
Tips :
Kopi tubruk cinamon (kalau "cinnamon coffee" adanya di kafe mahal)
Seduhlah kopi sebagai mana tips pertama saya, tetapi ngaduknya bukan pakai sendok
melainkan memakai "cinnamon stick". Kalo ingin lebih terasa kayu manisnya,
maka waktu menutup gelas sejenak biarkan cinnamon stick nya didalam gelas,
waktu tutup gelas dibuka dan diaduk lagi baru dikeluarkan cinnamon sticknya.
Nah segelas kopi cinamon yang sedap (dan tidak mahal) siap anda nikmati.
Wassalam.

2 komentar:

  1. Wahh info bagus nih dari bunda langsung praktik dah ntar, jadi penasaran nih sama cinnamon coffeenya.

    BalasHapus
  2. Monggo nak, mudah2an kelak jadi penikmat kopi sejati.

    BalasHapus