Sabtu, 23 Oktober 2010

Kopi Susu yang bukan susu kopi

Kafe di kantorku, sebagaimana yang biasa ada di kafe-kafe lain di kantor-kantor lain, menyediakan beberapa minuman dan makanan termasuk kopi tentunya. kebiasaanku adalah ke kafe dulu tiap pagi sebelum mulai beraktifitas, kalo harus langsung berkegiatan --kadang kadang ada situasi begitu-- ya ngerjain tugas dulu sejam dua jam baru ke kafe.
Untuk minum pagi kebiasanku selalu segelas kopi susu, secangkir sebetulnya karena menggunakan gelas kecil khusus untuk minum kopi --isinya kira-kira setengah gelas atau secangkir-- sehingga biasanya dikatakan "minta kopi seteng". Awalnya pemilik kafe menyediakan kopi susu yang aku minta seperti yang biasa disediakannya untuk orang lain yang minta kopi susu, yang bagi lidahku kurang pas rasanya karena kebanyakan susu. Aku protes kepada pemilik warung dengan mengucapkan serangkai kata-kata, yang keesokan harinya aku ulangi dan diterjemahkannya dengan segelas kopi susu seperti yang aku maksudkan. Setelah mencoba dalam beberapa hari maka pemilik kafe sudah bisa menghidangkan kopi susu yang pas rasanya di lidahku.
Nah, apa yang aku katakan sebetulnya kepada pemilik kafe itu ? Aku bilang begini, "Saya minta kopi susu, bukan susu kopi". Waktu si pemilik kafe heran --apa bedanya sih-- aku jelaskan bahwa pada kopi susu rasa kopinya harus agak dominan dari rasa susunya, kalau dominan rasa susunya namanya susu kopi. Anda setuju dengan saya ? (begitulah bahasa indonesia, kadang-kadang ada beberapa kata yang lebih berkesan kalo dipasangkan dengan "saya" daripada dengan "aku").
Tips :                                                                                                 
Kopi Susu Sederhana dan Enak.
Kalau ingin lebih lezat rasanya cobakan dirumah seperti ini
(pemilik warung enggan melakukan cara ini dengan alasan merepotkan)
seduh terlebih dulu 2 sendok teh kopi, diaduk dan ditutup,
beberapa saat kemudian tambahkan 2-3 sendok teh susu kental manis
dan aduk lagi sampai rata, kalau ingin lebih terasa manis tambahkan gula.
Kelezatan kopi susu akan berkurang jika kopi dan susu diseduh bersama-sama,
karena protein dalam susu menjadi rusak terseduh air mendidih.
Untuk membuat kopi susu yang pas rasanya, hindari dominan rasa susunya.
Kalau mau terasa lebih manis lebih baik menambahkan gula, bukan susu.
Selamat mencoba, wassalam.

1 komentar:

  1. kopi, pasti enak baget dari aromanya yang sedap udah pasti rasanya juga nikmat,tapi bu kenapa saya trauma banget minum kopi ya? soalnya dulu pernah minum kopi pas udah minum, jantung berdebar-debar kenceng banget trus keluar keringat dingin kata temen-temen sih kayak gitu kalo gak kuat minum kopi...apa bener ya atau lagi pas aja badan gak enak trus disangkutin ama gara-gara minum kopi? tapi yang jelas saya jadi trauma banget minum kopi bu,hanya bisa ngebayangin aja sedapnya minum kopi..nasib....

    BalasHapus